Minggu, 07 Juli 2019

Begini Tips Gadai BPKB Motor Untuk Anda yang Butuh Uang Cepat

Begini tips gadai BPKB motor untuk Anda yang butuh uang cepat! Uang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi berlangsungnya hidup manusia. Namun, kadang kala kebutuhan akan uang ini bisa terjadi sangat mendadak dan darurat sehingga tidak bisa ditunda-tunda. Alhasil, segala cara pun dilakukan supaya bisa mendapatkan uang dengan cepat.

Salah satu yang paling mudah dilakukan saat ini adalah gadai BPKB motor. Banyak sekali jasa gadai ini yang ada di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari pegadaian, bank, sampai lembaga lainnya seperti koperasi juga menyediakan jasa gadai ini.
Anda sedang mengalami masalah serupa? Jangan buru-buru, ikuti dulu tips di bawah ini untuk mendapatkan tempat gadai yang benar-benar aman. Jangan sampai nanti BPKB yang Anda punya malah dilarikan karena tempat gadai itu hanya tipu-tipu semata. Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Pilihlah Lembaga yang Aman
Pertama, sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB, pastikan dulu lembaga yang dipilih benar-benar aman dan terpercaya. Karena, di Indonesia ini ada banyak sekali lembaga pembiayaan yang menawarkan penggadaian BPKB ini. Jangan tergiur dengan nominal banyak yang bisa cair ataupun angsuran yang ringan.

Untuk menghindari itu, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu antara lembaga satu dengan lainnya. Nilailah kredibilitas tempat gadai BPKB motor ini dengan mencari tahu apakah lembaga tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cek juga apakah terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Jika terdaftar kedua-duanya, maka lembaga tersebut bisa dibilang aman untuk sekolah BPKB Anda.

Pilihlah yang Bunganya Kecil
Tips kedua sebelum menggadaikan BPKB Anda adalah memastikan bahwa lembaga tempat BPKB digadaikan memiliki bunga yang kecil. Lembaga yang satu dengan lainnya pasti berbeda-beda terkait dengan bunga ini. Maka dari itu, saat survei jangan lupa untuk memperhatikan juga suku bunganya.

Besar kecilnya bunga ini akan berpengaruh pada berat atau tidaknya Anda membayar angsuran. Anda tentu tidak mau bukan, kalau hanya meminjam uang Rp 5 juta saja harus melunasi sampai Rp 9 juta lewat cicilan? Ini bisa saja terjadi jika lembaga yang dipilih berbunga besar. Maka, alangkah baiknya jika Anda memilih tempat gadai BPKB motor yang bunganya paling kecil.

Perhatikanlah Ketentuan Saat Meminjam
Memang, menggadaikan BPKB motor menjadi hal yang mudah untuk mendapatkan uang di zaman ini. Namun, jangan pula serta merta Anda menggadaikannya tanpa melihat syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Karena, biarpun mudah, lembaga penggadai tentu punya ketentuan serta syarat yang wajib dipenuhi. Ketentuan inilah yang nantinya akan membuat Anda lolos atau tidak mendapatkan pinjaman uang tersebut.

Biasanya, syarat umum lembaga gadai BPKB motor antara lain usia motor maksimal harus sembilan tahun. Lebih dari itu, mereka biasanya akan menolak mencairkan dana. Untuk pencairan dana sendiri, maksimalnya kreditur hanya bisa sampai 80% saja dari nilai motor tersebut.  Persyaratan dokumen juga harus benar-benar diperhatikan. Apabila kelengkapan persyaratan tersebut sudah benar, maka kemungkinan BPKB Anda juga akan diterima.

Coba Gunakan Lembaga Gadai Online
Nah, seiring dengan perkembangan teknologi fintech yang kian pesat, maka hal ini juga berpengaruh pada gadai. Kini, menggadaikan BPKB dengan cara online pun bisa dilakukan. Banyak sekali situs yang menawarkan jasa ini. Caranya tentu lebih praktis, ya. Anda hanya perlu mengunggah foto BPKB di situs tersebut. Nanti, akan ada petugas yang akan memverifikasi dan menaksir banyaknya nilai jaminan dari BPKB tersebut.

Namun, satu hal yang perlu diwaspadai adalah kejelian Anda juga. Pastikan memilih tempat gadai online yang terpercaya dan berkualitas, ya. Jangan sampai tertipu karena dunia online juga sangat rawan penipuan. Anda pun juga bisa menyerahkan BPKB tersebut ke lembaga gadai online yang dipilih. Ini untuk semakin memantapkan hati Anda tentunya.

Pastikan Membayar Cicilan Tepat Waktu
Selanjutnya, tips yang harus Anda terapkan terkait gadai BPKB motor adalah yang satu ini. Demi kelancaran proses pelunasan penggadaian BPKB Anda, maka cicillah bayaran sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Karena itu, sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB, periksa dulu berapa besar bunga serta tenor waktu untuk mencicilnya. Tenor tersebut sebisa mungkin disesuaikan dengan kemampuan Anda, utamanya memilih bunga yang kecil tadi.

Jangan sampai memilih tenor waktu yang singkat tapi angsurannya tinggi sehingga membuat Anda keteteran. Membayar cicilan tepat waktu ini penting karena lembaga gadai biasanya tidak segan-segan mengirim debt colector ke rumah untuk menagih tunggakan cicilan Anda. Jadi, jika tidak mau dikejar-kejar, lebih baik bayar sebelum jatuh tempo.

Itu dia beberapa tips memilih tempat gadai BPKB motor yang benar dan terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan tawaran yang manis sebelum Anda membuktikannya sendiri, ya! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar